Rabu, 13 Oktober 2010

Tugas sebelum UTS...

Gabrella Sabrina
09120110010
 
 
1. Tiga paradigma komunikasi :
Positivistik : realita dianggap benar ketika lebih dari 1 berkata ya. Kebenaran tersebut objektif.
Konstruktivistik : kebenaran itu sesuatu yang dibangun (bukan objektif), tapi sesuatu yang di konstruktif dimana setiap orang membangun kebenarannya sendiri.
Kritis : melihat segala sesuatu yang kemudian jadi latar belakang dip[ikiran kita (ada yang mendasari segala sesuatu), jadi ada sebuah yang direncanakan dari suatu kejadian, tidak bisa menelan mentah-mentah, Contoh: mencurigai sesuatu pasti ada dasarnya!

2. Empat Grand Theory :

Post Positivistik : mencari kebenaran dengan melakukan observasi, polling, quistioner
Hermeneutik : merupakan konstruksi yang tercipta dalam benak orang tentang sesuatu baik dalam bentuk teks maupun konteks. Zaman dahulu untuk mengkaji kitab suci melihat pada teks dan konteks. Teks : berupa kata-kata/firman Tuhan.
Normatif : Teori ini menguraikan standar-standar etik (benar atau salah). Misalnya anak perempuan memakai roik dan anak laki-laki memakai celana.
Critical Theory : menggunakan sesuatu yang umum. Sesuatu terbentuk karena ada kekuasaan yang berkuasa.

3. Munculnya industri media dan teori propaganda:
Pertengahan abad ke 19, bertambahnya permintaan masyarakat.Persaingan ketat muncul,dengan meningkatkan aksesbilitas melalui harga murah. Namun, surat kabar baru mampu melayani orang-orang yang belum pernah memiliki akses yang mudah untuk mencetak. Banyak koran sukses karena mereka menarik banyak pembaca di daerah kumuh perkotaan.Tapi pembaca tidak tertarik tentang penjelasan panjang mengenai peristiwa yang terjadi hari itu. Mereka membeli kertas untuk membaca komik, ikuti olahraga, dan membaca sebagian besar kejadian sepele yang terkesan fiktif.
Propaganda :rangkaian pesan yang bertujuan untuk mempengaruhi pendapat dan kelakuan masyarakat atau sekelompok orang. Istilah ini berasal dari roman Katolik. Sebagian besar teori propaganda dipengaruhi oleh: Behaviorism dan Freudianism, selain demokrasi dan Harold Laswell.

Black propaganda: dasarnya tidak benar/salah, dirancang dan disengaja.
White Propaganda : dasarnya benar, menggunakan disinformasi yang menonjolkan kelemahan lawan
Grey Propaganda : dasarnya tidak jelas keakuratan dan kebenarannya

4. Teori normatif : bermula kemunculan dan kejayaannya media bersifat bebas / radikal. Media tidak mau diatur, sering memberikan pesan buruk, vulgar, dan membawa dampak negatif bagi banyak pihak. Kemudian muncullah para teknokratik yang mengatur media, akan tetapi media tidak mau terlalu diatur dan berkompromi sehingga mendapatkan keputusan bahwa media tetap bebas dan bertanggung jawab. Media diawasi oleh badan sensor pemerintah sehingga memunculkan tanggung jawab sosial.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar