Kamis, 07 Oktober 2010

Sella Oktavi
09120110083

1.   1.  Teori paradigma komunikasi
a.      - Paradigma positivistik : realitas dianggap benar ketika lebih dari 1 orang mengatakan “iya”
b.     -  konstruktivistik : kebenaran adalah sesuatu yg dibangun / konstruksi
c.     -  kritis : sesuatu terjadi karena ada yg mendasarinya

2.    2.  Grand Theory
a.     -  post positivistik : ada observasi lapangan, survey, poling, angket dan kuesioner
b.    -   Hermeneutic : konstruksi yg tercipta dalam benak orang, digunakan untuk mengkaji kitab2 suci dan berita
c.     - Normatif : aturan-aturan, yg benar atau salah
d.     -  Critical theory : sesuatu yg tidak terjadi begitu saja.

3.    3. Propaganda dan perkembangan industri media
a.    -  White propaganda : benar, termasuk dalam hal disinformasi yang menonjolkan kelemahan lawan
b.   -  Black propaganda : dasarnya salah, tidak diiklankan tetapi lewat word of mouth
c.    - Grey propaganda : dasarnya tidak jelas keakuratannya
-        Industri media muncul karena kehadiran yellow journalism. Muncul yellow pages tetapi isinya kurang baik, kertasnya berkualitas rendah, judulnya berlebihan, terlalu banyak gambar dan fiktif. Pada tahun 1950 pertelevisian di AS mendapat protes karena memberikan efek negatif. Oleh karena itu munculah industri media yang lebih bertanggung jawab.

4.    4  Pada awalnya media bersifat bebas atau radikal. Media tidak mau diatur, sering memberikan pesan buruk, vulgar, dan membawa dampak negatif. Kemudian muncullah teknokratik yang mengatur media. Akan tetapi media tidak mau terlalu diatur dan berkompromi sehingga mendapatkan keputusan bahwa media tetap bebas dan bertanggung jawab dan diawasi oleh badan sensor pemerintah sehingga memunculkan tanggung jawab sosial. 

2 komentar: