Rabu, 06 Oktober 2010

Munculnya Industri Media dan Teori Masyarakat Massa

Chatarina Komala (09120110008)
Melania Maria Yosefin (09120110037)
Brigitta Vitara (09120110054)


Awal Mula
Tahun 1896, penerbit koran terkemuka mengirim seorang ilustrator ke Cuba untuk menahan kemungkinan pecahnya perang melawan Spanyol.
•Pengiriman ilustrator mungkin dimaksudkan agar bisa tercetak cerita-cerita perang yang dapat menjual.
•Pada saat itu, Hearst adalah penerbit salah satu koran terbesar di kota New York, dimana pada waktu itu juga banyak surat kabar yang diterbitkan dengan fokus keuntungan semata.
•Pertengahan abad ke 19, bertambahnya permintaan masy mengenai media murah mendorong perkembangan beberapa media baru.
•mesin cetak kecepatan tinggi dan mesin Linotype membuatnya praktis untuk menghasilkan massa-kata yang dicetak dengan biaya yang sangat rendah.
•Koran-koran urban merajai sepanjang Pantai Timur dan di pusat-pusat perdagangan utama di Amerika Serikat.
•sirkulasi koran perang pecah di berbagai kota besar dan menyebabkan perkembangan jurnalisme kuning, suatu bentuk jurnalisme yang serius menantang norma-norma dan nilai-nilai sebagian besar pembaca.
•Persaingan ketat muncul,dengan meningkatkan aksesbilitas melalui harga murah. Namun, surat kabar baru mampu melayani orang-orang yang belum pernah memiliki akses yang mudah untuk mencetak.
•Banyak koran sukses karena mereka menarik banyak pembaca di daerah kumuh perkotaan.
•Tapi pembaca tidak tertarik tentang penjelasan panjang mengenai peristiwa yang terjadi hari itu. Mereka membeli kertas untuk membaca komik, ikuti olahraga, dan membaca sebagian besar kejadian sepele yang terkesan fiktif.
Munculnya Yellow Journalism 
Hearst : salah satu strateginya adalah memikat pembaca berpenghasilan rendah.
•Yellow Journalism = The Yellow Kid
•Seperti kebanyakan koran kuning lainnya, keakuratan sedikit diperhatikan, dan berita cenderung ditulis dengan gaya berlebihan (di bagian judul)
•Wartawan hanya mengumpulkan keterangan lengkap suatu peristiwa dan memberikannya kepada editor yang membuatnya menjadi fiktif berlebihan.
•Koran/dikombinasikan dengan harga jual rendah dengan bentuk-bentuk baru yang inovatif konten yang mencakup banyak gambar, serial cerita, dan komik
Siklus Pengembangan Media Massa dan Penurunan 
Bangkitnya media massa di tahun 1900 mengikuti pola pembangunan industri yang telah diduplikasi mengikuti setiap revolusi "selanjutnya" di bidang teknologi media.
•Keberhasilan media sekarang sering menghasilkan pandangan yang kritis dan kuat terutama ketika media mengambil strategi kompetitif terbuka untuk menghasilkan produksi acara atau menarik perhatian pemirsa. Perkembangan industri media sekarang lebih terbuka kepada keinginan pemirsa walaupun dampak jangka panjangnya akan merugikan pemirsa.
Sering sekali peran sosial dan hubungan sosial sangat terganggu karena orang menyesuaikan konsumen dengan media baru dan materi mereka. misalnya, selama tahun 1950-an, salah satu peneliti pertama dari dampak televisi terhadap kehidupan Amerika ditemukan sedikit bukti bahwa adanya gangguan. 
•Sebagai media industri yang memadai, mereka menjadi lebih bertanggung jawab secara sosial - lebih bersedia untuk menyensor atau membatasi distribusi materi yang kontroversial dan lebih peduli kepada pelayanan jangka panjang publik daripada kebutuhan popularitas jangka pendek.
•Studio hollywood menghabiskan dua puluh tahun dan jutaan dolar hanya untuk menggunakan strategi hukum untuk berjuang dalam perkembangan televisi. 
•Materi yang paling kuat untuk mempengaruhi restrukturisasi di industri media Amerika adalah perubahan teknologi, materi yang diinovasikan, dan permintaan/kemauan konsumen. tidak ada yang beroperasi secara independen/berdiri sendiri.
Kritik Masyarakat Massa dan Perdebatan Media
Dengan adanya perubahan di industri media, media yang kritis telah muncul untuk mengajukan pertanyaan tentang praktisi yang kurang etis / memadai dan untuk menyuarakan keprihatinan tentang konsekuensi jangka panjangnya yang negatif. 
•Selama tahap awal pembangunan atau restrukturisasi, industri media sangat rentan terhadap keluhan. 
•Perubahan dalam industri media seringkali menghasilkan kemauan / tekanan pada lembaga-lembaga sosial lainnya untuk berubah.
•Meskipun tidak adil untuk menempatkan semua kritik ini ke dalam satu kategori, banyak dari pandangan yang diungkapkan secara konsisten dengan teori masyarakat massa.
Asumsi Masyarakat Massa
• Media adalah kekuatan yang besar dalam masyarakat yang dapat merusak norma-norma dan nilai-nilai penting dan merusak tatanan sosial. untuk menghadapi ancaman media ini harus berada di bawah kendali elite.
• Media dapat secara langsung mempengaruhi pikiran orang-orang rata-rata, mengubah pandangan mereka tentang dunia sosial.
•  Sekali pemikiran orang berubah oleh media, segala macam konsekuensi jangka panjang yang buruk kemungkinan hasil-tidak hanya membawa kehancuran bagi kehidupan individu tetapi juga menciptakan masalah-masalah sosial dalam skala besar.
•Rata-rata orang rentan terhadap media massa dalam masyarakat karena mereka telah terlepas dan terisolasi dari lembaga-lembaga sosial tradisional yang sebelumnya melindungi mereka dari manipulasi.
• Kekacauan sosial yang diprakarsai oleh media mungkin akan diselesaikan dengan pembentukan tatanan sosial totaliter.
• Media massa mau tidak mau merendahkan bentuk-bentuk budaya yang lebih tinggi, yang menyebabkan penurunan secara umum dalam peradaban.
Gemeinschaft dan Gesselchaft 
Gemeinschaft
Lebih banyak berorientasi dengan asosiasi besar jika tidak lebih penting dari kepentingan mereka sendiri, contohnya :keluarga sebagai ekspresi paling sempurna
•Pembagian kerja moderat, hubungan pribadi, keluarga, dan lembaga sosial.Dalam masyarakat seperti ini jarang ada kebutuhan untuk memberlakukan kontrol sosial eksternal
Gesselchaft
Asosiasi yang besar tidak lebih penting dari pada kepentingan pribadi contohnya Perusahaan
• Kurangnya tingkat yang sama adat istiadat bersama
• Individu-individu bertindak untuk kepentingan diri mereka sendiri
Mesin dan Solidaritas Organik
Mesin
Dalam konsepsi Durkheim, budaya orang terikat dengan konsensus dan peran sosial tradisional.
Solidaritas Organik
Dalam konsepsi Durkheim, tatanan sosial modern terikat oleh ikatan sosial budaya dinegosiasikan.

Teori Masyarakat Massa Kontemporer 
Pada hiburan populer.
Terdapatnya ketidaksesuaian antara kenyataan dan keinginan membuat orang berfantasi untuk mengganti kenyataan yang susah dan memalukan dengan sesuatu yang tidak mempermalukan atau menolak keinginan kita.
Pada budaya populer.
Merupakan budaya yang diturunkan oleh objek estetika, dan dipublikasikan oleh iklan di tempatnya.
Menghancurkan bentuk lama musik dan tarian, dan menggantinya suara yang berulang-ulang, mengganti dialek suku dengan gumaman tidak menentu.
Pada kegagalan pendidikan tinggi :
Kesenjangan antara budaya menimbulkan adanya spontanitas oleh generasi muda.

 Terdapat dua faktor lain yang berkaitan dengan kemunculan teori masyarakat massa  saat ini:
1.Sebuah penyebaran fenomenal yang cepat dari internet dan World Wide Web.  
Bentuk baru media berarti bentuk baru komunikasi, yang berarti pengembangan hubungan  
baru dan penciptaan pusat baru kekuasaan dan pengaruh.
2.Meliputi perubahan dalam cara perusahaan media menjadi lebih terstruktur . Kita sudah  
melihat bahwa industri media ketika menghadapi tantangan bagi teknologi baru
mengalami  restrukturisasi  secara cepat.

1 komentar: